Pages

Kamis, 16 September 2010

Diskusi


BAHAN AJAR
BAHASA INDONESIA
KELAS XII  IPA / IPS SMA  NEGERI  2  DEMAK
TAPEL . 2010 / 2011














Penyusun :

N   a   m   a                              : HM. SUPRAPTO, S.Pd.
N   I   P                                    : 19590407 198203 1 011
              Pangkat / Gol.                          : Pembina / IV A
Unit Kerja                                : SMA  Negeri  2  Demak












DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAH RAGA
SEKOLAH MENENGAH ATAS ( SMA ) NEGERI  2  DEMAK
Jln. Kudus 182 Demak Telp. ( 0291 ) 685840 Kopos. 59511






         D  I  S  K  U  S  I





Diskusi adalah bentuk bertukar pikiran untuk menyelesaikan suatu masalah.

Pihak – pihak yang terkait dalam kegiatan diskusi, meliputi :

  1. Moderator / Ketua / Pemimpin / Pemandu
  2. Penyaji / Pemrasaran / Pemakalah
  3. Sekretaris / Notulis
  4. Anggota / Audiens
( Siswa mencari / mencatat tugas / fungsi pihak – pihak yang terkait dalam diskusi       di perpustakaan )

Struktur / sistematika diskusi
  1. Pendahuluan / Membuka diskusi
  2. Isi  / Diskusi ( penyajian makalah dan tanggapan – tanggapan )
  3. Penutup / Menutup diskusi

MEMBUKA DISKUSI
( Struktur / sistematika membuka diskusi )
  1. Mengemukakan salam
- assalaamualaikum wr. wb., selamat pagi, salam sejahtera, salam pramuka dll.
  1. Menyapa audiens
- yang terhormat …
- saudara – saudara peserta diskusi yang kami hormati
  1. Mengucapkan syukur ( bisa ditambah sholawat )
- marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah swt. karena atas limpahan   
   rahmat dan hidayah-Nya kita …
  1. Menandaskan topik / tema diskusi
- saudara – saudara peserta diskusi, diskusi kita pada pagi hari ini akan kita bahas    
   …
- saudara –saudara peserta diskusi yang kami hormati, topik diskusi kita pada pagi
   hari ini adalah …
  1. Memperkenalkan petugas – petugas diskusi ( moderator, penyaji dan sekretaris )
Memperekenalkan petugas – petugas diskusi ini dilakukan dengan cara  menyebutkan identitas nama, dan bisa ditambah dengan sedikit sisi lain / latar belakang kehidupannya misalnya pendidikan, keluarga , sosial, ekonomi, politik dan lain – lain ) .
- sebelum kita melangkah lebih jauh dalam kegiatan diskusi ini, tidak ada salahnya   
   kalau kita bisa mengenal siapa saja yang terkait dalam diskusi ini.
-         di sebelah kanan saya …
-         di sebelah kiri saya …
-         dan saya sendiri …
  1.  Membuka diskusi ( dengan bacaan basmalah / ketukan )
- saudara – saudara peserta diskusi, waktu kita sangat terbatas, untuk itu segera saja
   kita buka diskusi ini dengan bacaan basmalah bersama – sama  …
- saudara – saudara peserta diskusi, agar waktu yang sangat terbatas ini dapat kita    
   gunakan secara efektif, maka kita segera saja mulai diskusi kita kali ini, untuk itu    
   dengan mengucapkan bismillaahirrohmaanirrohim diskusi ini kami nyatakan      
   dibuka !
- saudara – saudara peserta diskusi, mengawali diskusi kita pada pagi hari ini, maka
               diskusi kami nyatakan dibuka ( ketukan ) ! 
  1. Menyerahkan waktu kepada penyaji untuk menyajikan makalah diskusi ( waktu dibatasi ).
Jika penyaji lebih dari satu, sebaiknya penyajian dilakukan secara berturut – turut              ( setelah penyaji pertama selesai menyajikan makalah, dilanjutkan dengan penyaji berikutnya ).
- saudara – saudara peserta diskusi, untuk selanjutnya waktu kami serahkan kepada
saudara penyaji untuk menyajikan makalahnya. Untuk penyajian makalah ini     
saudara penyaji kami berikan waktu kurang lebih 15 menit. Yang terhormat   
Bapak / Ibu / Saudara … kami persilakan  !     

MENGATUR JALANNYA DISKUSI ( TANGGAPAN – TANGGAPAN )
Mengatur tanggapan / tanya jawab dimulai setelah penyajian makalah. Cara yang lazim ditempuh adalah moderator mengatur seasons tanggapan ini dengan beberapa termin, disesuaikan dengan waktu yang tersedia. Dalam setiap termin akan diberikan kesempatan untuk menyampaikan tanggapan hanya beberapa peserta diskusi ( misal 3 peserta ). Moderator juga meminta kepada peserta yang menyampaikan tanggapan untuk terlebih dahulu menyebutkan identitas diri ( mengemukakan nama dan asal organisasi / lembaga atau alamat rumah ) sebelum meyampaikan tanggapan / pertanyaan .

Moderator mengatur seasons tanggapan :
Saudara – saudara peserta diskusi , demikian tadi penyajian makalah telah kita ikuti bersama. Selanjutnya, kami akan membuka / memberi kesempatan kepada saudara / para peserta untuk menyampaikan tanggapan – tanggapan atas penyajian makalah tadi. Untuk seasons tanggapan ini akan kami buka beberapa termin ( misal 3 atau 4 termin ) dan setiap terminnya akan kami berikan kesempatan kepada 3 peserta / penanya. Namun, sebelum Bapak/ Ibu/ Saudara/ Anda menyampaikan tanggapan kami mohon terlebih dahulu menyebutkan identitas diri meliputi nama dan asal organisasi. Baiklah saudara, kami buka untuk termin yang pertama, silakan … !

MENYAMPAIKAN TANGGAPAN
Menyampaikan tanggapan pada prinsispnya dibagi menjadi 2 hal :
  1. menyampaikan tanggapan setuju / sependapat
  2. menyampaikan tanggapan tidak setuju / kurang sependapat
Sistematika menyampaikan tanggapan setuju / sependapat :
  1. Mengemukakan salam
-         assalaamualaikum …
-         selamat pagi
-         salam …
  1. Menyapa moderator ( boleh ditambah yang lain / tidak boleh meninggalkan moderator )
-         saudara moderator yang kami hormati…
-         saudara moderator yang kami hormati, demikian juga penyaji dan peserta diskusi …
  1. Memperkenalkan diri ( menyebut nama dan asal organisasi / lembaga / alamat rumah )
-         perkenalkan nama saya …
-         saya perwakilan dari …, saya berasal dari …
  1. Mengungkapkan / mengemukakan kembali hal – hal yang disampaikan penyaji        yang hendak ditanggapi ( kalau ada beserta alasan ).
-         tadi saudara penyaji mengemukakan bahwa siswa yang datang terlambat
sebaiknya dipulangkan saja, karena jika tidak dipulangkan akan mengganggu upaya penegakan disipin di sekolah ini …
  1. Menandaskan pernyataan setuju / sependapat
-         saya setuju / sependapat dengan pernyataan Anda / Saudara/ Bapak / Ibu …
  1. Menandaskan ulang pernyataan ( dan alasan ) penyaji ( no. 4 ) dengan ungkapan yang sama atau berbeda.
-         benar, siswa yang datang terlambat sebaiknya dipulangkan saja, jika tidak dipulangkan tentu penegakan disiplin akan sia – sia .
  1. Memberikan tambahan pendapat
-         namun perlu kami tambahkan, sebelum siswa dipulangkan sebaiknya siswa didata terlebih dahulu, selanjutnya diberikan pengarahan – pengarahan oleh petugas / BK, langkah selanjutnya siswa diberikan surat yang harus ditandatangani oleh orang tua / wali dan diserahkan ke pihak sekolah / BK pada hari berik
  1. Penutup / salam penutup
-         sekian terima kasih / wassalaamualaikum …



Sistematika menyampaikan tanggapan tidak setuju / kurang sependapat :
  1. Mengemukakan salam
-         assalaamualaikum …
-         selamat pagi
-         salam …
  1. Menyapa moderator ( boleh ditambah yang lain / tidak boleh meninggalkan moderator )
-         saudara moderator yang kami hormati…
-         saudara moderator yang kami hormati, demikian juga penyaji dan peserta
diskusi …
  1. Memperkenalkan diri ( menyebut nama dan asal organisasi / lembaga / alamat rumah )
-         perkenalkan nama saya …
-         saya perwakilan dari …, saya berasal dari …
  1. Mengungkapkan / mengemukakan kembali hal – hal yang disampaikan penyaji        yang hendak ditanggapi ( kalau ada beserta alasan ).
-         tadi saudara penyaji mengemukakan bahwa siswa yang datang terlambat
sebaiknya dipulangkan saja, karena jika tidak dipulangkan akan mengganggu upaya penegakan disipin di sekolah ini …
  1. Menandaskan pernyataan tidak setuju / kurang sependapat
-         saya tidak setuju / kurang sependapat dengan pernyataan Bapak / Ibu / Saudara / Anda .
  1. Memberikan alasan ( mengapa tidak setuju )
-         karena jika siswa dipulangkan, siswa tersebut akan kehilangan hak belajar / 
 tertinggal mengikuti materi pelajaran pada hari itu .
-         siswa yang dipulangkan bisa jadi tidak langsung pulang akan tetapi justru
berkeliaran di tempat – tempat hiburan , terminal dan lain – lain yang akan mengganggu citra sekolah .



  1. Memberikan alternatif pendapat baru
-         menurut saya, siswa yang datang terlambat tersebut tetap diizinkan mengikuti pelajaran, dengan terlebih dahulu ditahan oleh petugas / BK kurang lebih 10 s.d. 15 menit untuk :
1.      dicari tahu sebab – sebab mengapa terlambat
2.      selanjutnya siswa diberikan pengarahan – pengarahan
3.      siswa diberi surat yang harus ditandatangani oleh orang tua / wali dan harus diserahkan ke sekolah / BK pada hari berikutnya untuk didokumen sebagai bukti pelanggaran.
4.      Jika keterlambatan ini berulang hingga yang ketiga kali ( ada pelanggaran lain ), maka sekolah perlu memanggil orang tua / wali untuk menandatangani surat pernyataan untuk siap menerima kembali putra / putrinya jika terjadi pelanggaran berikutnya.
  1. Penutup / salam penutup
-         sekian terima kasih / wassalaamualaikum …

MENUTUP DISKUSI
Moderator menutup diskusi dimulai ketika waktu istirahat peserta telah usai ( waktu istirahat peserta krang lebih 10 s.d. 15 menit ).

Moderator mengatur waktu istirahat :
Saudara – saudara peserta diskusi, tanggapan – tanggapan dan pernyataan – pernyataan atau pendapat- pendapat telah kita ikuti bersama baik dari peserta diskusi maupun penyaji. Selanjutnya tibalah saatnya waktu untuk beristirahat. Waktu Anda beristirahat kurang lebih 15 menit. Selama 15 menit itu pula kami akan membuat simpulan / hasil diskusi. Silakan saudara untuk beristirahat …
Moderator menutup diskusi :
Moderator menutup diskusi dengan struktur penyajian sebagai berikut :
  1. menyapa audiens
-         saudara – saudara peserta diskusi yang kami hormati
  1. menandaskan / menekankan topik diskusi, dilanjutkan dengan pembacaan simpulan / hasil diskusi
-         diskusi dengan topik “ Meneggakkan Disiplin Sekolah Dapat Meningkatkan Mutu Pendidikan “ dapat kita simpulkan sebagai berikut …
1.      Tata tertib sekolah sebagai bagian dari perangkat pendidikan dipandang penting untuk dipatuhi dan ditegaklestarikan untuk pendampingan upaya meningkatkan mutu pendidikan di suatu sekolah.
2.      Pelanggaran atas tata tertib yang berlaku harus mendapatkan sanksi yang jelas, tegas dan berkelanjutan dengan tetap memperhatikan hak –hak peserta didik secara berimbang.
3.      Menegaggakkan disiplin sekolah sebagai upaya meningkatkan mutu pendidikanakan tercapai bila ada kerja sama yang baik dari seluruh warga sekolah, yaitu pendidik dan tenaga kependidikan, peserta didik , komite sekolah, orang tua / wali dan masyarakat.
  1. harapan / saran / permohonan maaf
-         saudara – saudara, akhir dari diskusi ini tentu kami berharap semoga diskusi ini membawa manfaat bagi kita semua  dan tentu menjadi masukan yang sangat berarti bagi sekolah . Kami mohon maaf, apabila dalam pelaksanaan diskusi ini ada sesuatu yang kurang berkenan di hati hadirin.
  1. menutup diskusi
-         Demikianlah saudara, mari kita akhiri / tutup diskusi ini dengan bacaan hamdalah bersama – sama “  Alhamdulillahi Robbil’alamin “
-         Demikianlah saudara, selanjutnya mari kita akhiri diskusi ini. Dengan mengucapkan alhamdulillahi robbil’alamin , diskusi kami nyatakan ditutup  ( ketukan palu 3 x ).
  1. penutup / salam penutup
-         sekian terima kasih / wassalaamu’alaikum wr. wb.


TUGAS SISWA :
1.                  Cari dan catatlah tugas – tugas pihak – pihak yang terkait dalam kegiatan diskusi       
             (  moderator, penyaji, sekretaris dan audiens )
2.                  Buatlah contoh moderator :
a.       membuka diskusi
b.      menutup diskusi
TES
Tes dilaksanakan dalam bentuk tulis atau lisan ( praktik )
1.                  Siswa membuka atau menutup diskusi  ( buatlah rekaan sendiri hal hal yang Anda
perlukan dalam membuka atau menutup diskusi )
2.                  Pernyataan penyaji sebagai berikut :
“ Siswa seharusnya dibebaskan dari seluruh pembayaran / administrasi sekolah , karena dengan cara itu mutu pendidikan akan meningkat “.
Buatlah tanggapan setuju atau tidak setuju !








__________________ HMS _________________

 by http://ayobelajar-hms.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar